Biaya: Sesuatu yang harus dikorbankan untuk dapetin barang & jasa
Beban: kas yang dikorbankan / dikeluarkan untuk dapetin barang & jasa dan dapetin manfaat pada masa kini atau masa depan
Manfaat info biaya bagi manager yaitu:
- Penilaian persediaan
- Penentuan laba usaha
- Perencanaan Keuangan
- Pengendalian kegiatan usaha
- Pengembalian keputusan
- Perusahaan manufaktur / pabrikasi (dari bahan baku menjadi barang jadi)
- Total Biaya: Biaya Produk + Biaya Periode
- Biaya Produk: Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Pabrik
- Biaya Periode: Biaya pemasaran / penjualan + Biaya Administrasi Umum
Jenis Perusahaan
|
Biaya Produk
|
Biaya Produk
|
Perusahaan Jasa
|
Biaya Penyerahan Jasa
|
1.
Biaya pemasaran
2.
Biaya administrasi
|
Perusahaan Dagang
|
Biaya pembelian dagang pemasok
|
1.
Biaya pemasaran
2.
Biaya administrasi
|
Perusahaan Pabrik
|
1.
Biaya bahan baku
2.
Biaya tenaga kerja langsung
3.
Biaya overhead pabrik
|
1.
Biaya pemasaran
2.
Biaya administrasi
|
Hubungan Biaya dengan Obyek Biaya:
- Biaya Antara: Kumpulan biaya yang dialokasikan ke biaya selanjutnya
- Biaya Akhir: Biaya yang hanya untuk satu produk saja
- Biaya Terkendali: Biaya yang dikendaliin sesuai dengan kewenangannya (example: manager pemasaran yang mengendalikan bagian pemasaran)
- Biaya Tak Terkendali: Biaya yang tidak bisa dikendaliin oleh manager bagian lain (example: manager pemasaran nggak bisa mengendalikan bagian produksi)
- Biaya Pemasaran: 1 bahan baku mampu menghasilkan beberapa produk (example: kayu, kain)
- Biaya Gabungan: pada satu waktu mengerjakan aktivitas yang sama tetapi hasilnya berbeda
- Biaya Relevan: Biaya yang bisa berubah-ubah tergantung hasil keputusan yang ditentukan (example: gabungan BBB, BTKL, BOP)
- Biaya Tak Relevan: Biaya yang bersifat tetap (example: biaya depresiasi)
Mata Kuliah: Akuntansi Manajemen
Sabtu, 19 Maret 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar