PLANET DAN SATELIT

Hai, Reader! Kali ini aku bakal kupas sedikit tentang Planet dan Satelit yaa. Selamat membaca!:)

Siapa sih yang gak tau Planet? Jadi.. planet adalah benda langit yang berbeda dari bintang-bintang yang berkerlip dan tidak bercahaya. Daaaaan, planet berputar mengelilingi matahari dan selalu berputar pada porosnya.. Matahari dikelilingi oleh planet-planet ini tuh dengan kecepatan yang berbeda-beda, Reader.

Alkisah.......
Dahulu, tata surya memiliki 9 planet yang 6 diantaranya sudah famous sejak zaman kuno. Planet apa aja yaa? Yap benar! Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Tetapi, sejak Agustus 2006, International Astronomical Union (Himpunan Astronomi Internasional) mencabut pluto sebagai planet. Jadi total planet sekarang ada 8

Beberapa bintang memang dikelilingi piringan debu. Dengan demikian, pasti ada planet-planet lain diluar tata surya kita :) Ohya, planet yang paling dingin & jauh dari matahari terdiri atas es, gas, dan debu lho. So cute yaa wkwk

Jangan lupa tentang ini nih.. Planet-planet raksasa yang diameternya melebihi bumi tuh mempunyai atmosfer tebal yang mengandung gas. Seperti planet: Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Keempat planet tersebut memiliki cincin dan banyak satelit:)


Mari kita move ke Satelit yhaa:)
Satelit termasuk benda langit juga lho. Satelit ini berputar dengan orbit elipsis mengelilingi sebuah planet daaaan banyak planet di tata surya kita memiliki satelit besar dan kecil..

Yupiter memiliki < 16 satelit yang letaknya antara 181.000 - 25 juta kilometer darinya. Io, Eropa, Ganymede, dan Calisto merupakan 4 satelit terpenting yang ditemukan oleh Galileo Gallilei pada tahun 1610.

Sementara itu, bumi hanya memiliki satu satelit yaitu bulan. Uranus memiliki 15 satelit dan 5 satelit yang paling penting adalah Aariel, Umbriel, Titania, Oberon dan Miranda.

Neptunus dikelilingi oleh 8 satelit, 6 diantaranya ditemukan oleh pesawat luar angkasa tak berawak, Voyager 2. Triton dan Nereidus adalah satelit yang paling dikenal nihhh

Cukup sekian tentang luar angkasa, aku udah cukup mengantuk karna sekarang (baru) pukul 22:51 WIB daaan see  you next time hey Reader! Byeeeee:)


Sumber: ENSIKLOPEDIA PENGETAHUAN "Ruang Angkasa, Bumi dan Sumber Energi" Buku 4.
Penerbit: TIGA SERANGKAI tahun 2007 atau 2005

diandrasav

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar