Keputusan Keuangan (BAB 1)


      1. Keputusan Investasi
Barang-barang yang dibeli melalui keputusan ini biasanya berusia panjang dan memiliki nilai yang tinggi seperti pembelian tanah, pembangunan pabrik atau kantor, kendaraan operasional dan sebagainya.
Keputusan investasi ini mempunyai pengaruh yang strategis bagi kondisi keuangan. Karena pada masa-masa produktif, hampir sebagian besar penghasilan Anda akan digunakan untuk memperoleh investasi ini. Dan penting bagi anda untuk merencanakan setiap aktivitas pengambilan keputusan investasi.

2. Keputusan Operasional
Keputusan ini berkaitan erat dengan bagaimana perusahaan mampu memenuhi beberapa biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional perusahaan. Perusahaan harus cermat dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya agar roda perusahaan terus berputar.
Sebagai contoh, jika saya mengandaikan Anda adalah sebuah perusahaan yang sedang menghadapi situasi yang berat padahal biaya-biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempertahankan hidup perusahaan tiap bulannya sangatlah tergantung pada keputusan-keputusan operasional yang Anda ambil. Dalam situasi ini, kecerdikan Anda sebagai individu wajib terus diasah dan jangan sampai keuangan Anda tersumbat.

3. Keputusan Pendanaan
Untuk menjalankan keputusan operasional dan investasi, wajib hukumnya bagi perusahaan untuk mencari sumber dana. Karenaaaaa, sumber dana tersebut terbagi jadi sumber internal dan sumber eksternal.
Ketika menghadapi persoalan pengambilan keputusan investasi dan operasional contohnya untuk membeli peralatan elektronik dilakukan secara tunai atau kredit.. maka keputusan pendanaan harus diperhitungkan secara matang! Kalau Anda mampu mencicil angsuran tiap bulan dengan kata lain anda menggunakan cara kredit, silahkan berhutang. Karena prinsipnya, Anda wajib mencari sumber pendanaan yang murah dan tepat.

      4. Rencana Keuangan Pribadi (RKP)
Personal Financial Planning ini tuh sebenernya adalah rekaman kondisi keuangan Anda. Tujuannya? Ya tentu agar Anda mempunyai “kompas” sebelum Anda memutuskan sesuatu. Berpikir realistis dan tenang merupakan langkah awal yang harus Anda miliki sebelum mengambil keputusan apapun yang berkaitan langsung maupun tidak langsung terhadap keuangan Anda. Intinya yaituuuuuuuuuuuu, Anda harus bisa mengukur diri sendiriJ

5. Tips Merencanakan Keuangan
a.    Jika Anda ingin meningkatkan nilai asset Anda, utamakan sumber dana internal terlebih dahulu baru kemudian cari alternative sumber dana eksternal jika dana awal tidak mencukupi.
b.  Cermati RKP Anda. Ukur diri dan cari jalan keluar yang kreatif jika terdapat deficit dalam RKP
c.  Pahami bahwa setiap keputusan apapun seperti operasional, investasi, atau pendanaan yang Anda ambil akan berdampak pada keuangan Anda! Oke????? ^_^

Sumber: Buku "BERANI UTANG PASTI UNTUNG.. Rahasia mengubah utang konsumtif menjadi mesin uang" by BUDI 'KELIK' HERPRASETYO, SE - Konsultan Keuangan DEO GRACIA
(tahun 2008 & 2009)

diandrasav

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar